Jumat, 11 November 2011

bagaimana cara agar hidup mandiri


Pernahkah anda melihat tanaman parasit yang hidup menumpang ditumbuhan lain?juga bisakah anda merasakan orang-orang disekeliling yang berprilaku seperti tanam diatas?kalau tanaman parasit memang sudah ditakdirkan hidup menumpan, tetapi manusia hidup diberi pikiran dan hati untuk mengarahkan jalan hidup mereka,jadi mengapa harus malas? Dalam perjalanan hidup ini kita dituntut hidup mandiri jangan tergantung atau mengharapkan orang lain yang menopang hidup kita membiasakan diri mencari kekuatan orang lain sangatlah tidak baik,ini merupakan permulaan dari kebiasaan yang bakal sulit di ubah,dan seterusnya tidak dapat mandiri,selalu menggantungkan diri pada orang lain hidup kita ibarat parasit yang menumpang .jika tak mau dikatakan parasit ,maka mulai dari sekarang !cobalah hidup mandiri tentukan sendiri apa yang kita mau,kita lakukan,dan kita cita-citakan bahwa sesungguhnya setiap kita telah diberi keistimewaan masing-masing ,sadarilah bahwa dalam diri kita tersimpan kekuatan yang menakjubkan dan menyadari bahwa sebenarnya kita adalah pribadi yang tangguh.
Inti hidup mandiri adalah yang paling utama,janganlah mempergantungkan diri kita pada orang lain lakukan hal yang bisa kita lakukan dengan kemampuan kita,tinggalkan kemalasan dalam diri kita,timbulkan kekuatan bahwa kita bisa menjalani semua dengan kepercayaan diri yang kokoh
mengetahui kapan memerlukan bantuan oranglain dan kapan memerlukan
dukungan orang lain.
Adapun peranan belajar mandiri dalam pengembangan kecakapan menurut
paha ahli adalah:
1. Menurut Moh Surya antara lain:
a. Perubahan yang disadari dan disengaja (intensional).
b. Perubahan yang berkesinambungan (kontinyu).
c. Perubahan yang fungsional.
d. Perubahan yang bersifat positif.
e. Perubahan yang bersifat aktif.
f. Perubahan yang bersifat pemanen.
g. Perubahan yang bertujuan dan terarah, dan
h. Perubahan perilaku secara keseluruhan.3
Itulah beberapa peranan pembelajaran belajar mandiri terhadap
pengembangan kecakapan siswa dalam belajar.
D. Factor
Yang
Mempengaruhi
Pembelajaran
Mandiri
Dan
Pengembangan Kecakapan.
Pembelajaran belajar mandiri sebagai suatu proses dalam belajar yang bertujuan untuk mengembangkan kecakapan siswa dalam belajar. Untuk memperoleh hasil yang telah ditentukan dalam pembelajaran belajar mandiri, maka pembelajaran tersebut memerlukan sarana dan prasarana yang memadai.
Sarana dan prasarana mempunyai peranan penting dalam pembelajaran belajar mandiri siswa. Ketersediaan informasi yang mudah bagi siswa dalam belajar akan mempercepat proses belajar mandiri. Oleh karena itu, penyediaan media dan alat pemberlajaran perlu untuk dilakukan, terutama penyediaan perpustakaan yang memadai. Dengan adanya perpustakaan yang memadai, maka siswa dapat mencari informasi yang dibutuhkan dan
3 Pengertian Belajar Dan perubahan Dalam Perilaku
5
siswa dapat berpikir kreatif dan inovatif dari sumber belajar yang ia
peroleh dari perpustakaan.
Untuk melaksanakan pembelajaran belajar mandiri tentu mempunyai factor pendukung dan factor penghambat. Kedua factor tersebut mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi lembaga pendidikan dan siswa. Factor yang mendukung terhadap peningkatan minat siswa dalam belajar mandiri. Factor-faktor tersebut akan mendukung dalam pembelajaran mandiri antara lain, penyediaan buku-buku nyang berkaitan denga materi, kemudahan dalam memperolej informasi, dan sukungan dari orang-orang disekitarnya. Factor yang dapat menghambat siswa dalam belajar mandiri adalah kurangnya sumber pengetahuan yang memadai, pelayanan yang ramah terhadap anak, dukungan guru yang kurang sehingga anak hanya belajar dari guru saja.
KESIMPULAN
Pembelajaran belajar mandiri merupakan suatu proses yang dilakukan untuk melatih anak berpikir kretif dama memperoleh pengetahuan baru. Dalam melakukan pembelajaran belajar mandiri memerlukan sarana dan prasarana yang mendukung bagi kemajuan siswa dalam belajar mandiri. Dengan dukungan yang memadai, guru dapat membimbing secara optimal dalam membimbing anak untuk belajar amandiri.
Pembelajaran belajar mandiri mempunyai peranan yang sangat penting bagi siswa. Pembelajaran belajar mandiri sebagai suatu proses pendewasaan anak dan kemandirian anak mempunyai pengaruh yang besar bagi anak. Anak yang telah terlatih untuk belajar mandiri tentu akan berdampak pada perkembangan perilaku siswa dalam keseharian dan siswa tidak selalu bergantung pada bantuan orang lain. Pembelajaran belajar mandiri pada akhirnya akan memberikan perubahan perilaku pada siswa dan berpengaruh pada pengembangan kecakapan siswa.
Oleh karena itu pembelajaran belajar mandiri merupakan kegiatan yang
penting untuk dilakukan pada siswa. Pembelajaran belajar mandiri akan dapat
6

2 komentar:

  1. tanks atas informennya, bagus banget, Dan mantap

    BalasHapus
  2. Terimakasih buat tulisannya...
    Sangat bermanfaat...

    BalasHapus