Jumat, 11 November 2011

Apa Arti Mandiri Sebenarnya…?

Apa Mandiri itu?
Tak jarang saya mendengar omongan,
Kamu harus mandiri lah,
Kamu harus jadi mandiri lah,
Kamu harus hidup mandiri lah,
Dll…
Tapi apa sebenarnya Mandiri itu?
Apa benar kata orang yang mengartikan bahwa Mandiri adalah Mandi Sendiri…?
Hahaha…
Kalau itu mah emang harus begitu…Selama kita mampu melakukannya sendiri, Ya toh…?
Sebagian orang lagi mengatakan, Kalau mandiri adalah tidak gampang bergantung pada orang lain…
Tidak minta uang lagi pada orang tua, Sudah mempunyai pekerjaan yang pasti…
Menyelesaikan masalahnya sendiri, Apa-apa juga independen…
Apakah jika seseorang sudah seperti itu, Sudah bisa dikatakan bahwa dia Mandiri?
Menurut saya,
Ya…Kurang lebih begitulah…
Saya ingat sekali pada waktu saya SMP di perantauan,
Jauh dari orang tua…
Suatu malam saya sakit, Demam tinggi, Radang tenggorokan terasa perih sekali… Sakit buat menelan,
Dan langsung itu juga saya di antarkan ke dokter oleh seorang kawan…
Kawan saya menyarankan untuk mengabari orang tua, Tapi saya tidak mau dan tidak memperbolehkan mereka untuk menghubunginya…
Saya sendiri sebenarnya tidak tau jelas waktu itu alasan mengapa saya bertindak seperti itu…
Sesampai di tempat dokter dan sesudah saya diperiksa ternyata hanya sakit radang tenggorokan…
Alhamdulillah…
Sambil menulis resep buat saya, Dokter itu bertanya : Sama orang tua?
Saya jawab : Tidak, Lagi merantau dok…
Kemudian resep diberikan dan Dokterpun berkata : Ini resepnya, Diminum teratur sampai habis obatnya… Semoga cepat sembuh…
Tidak usah bilang sama orang tua dulu kalau sakit, Kalau sudah sembuh aja ya bilangnya…
(Dengan nada sedikit bercanda dan tersenyum).
Entah kenapa dokter itu berkata seperti itu,
Apa hanya sekedar iseng atau karna memang sakit saya tidak parah…
Tapi yang jelas, Perkataannya sampai saat ini selalu terngiang-ngiang dan saya patenkan…
Pada saat kata-kata itu di ucapkan, Pikiran saya langsung menyetujuinya…
Entah karna saya tau maksud dari perkataan itu,
Atau hanya sekedar penguat pikiran saya untuk tidak memberitahu orang tua dulu hingga saya sembuh…
Karna memang saya pikir kejadian itu bukan apa-apa…
Masih bisa saya atasi sendiri tanpa harus membuat orang tua khawatir…
Itulah saya dan pola pikir saya…
Saya tidak tau apa pikiran itu bisa di katakan Pikiran Mandiri,
Atau bukan…
Tapi yang jelas,
Saya mau berterimakasih secara tidak langsung pada Dokter…
(Maaf, Saya lupa namanya… Alamat dan Kabarnyapun saya sudah tidak tau…Sudah lama sekali…)
Hingga saat ini, Omongan Anda memantapkan prinsip yang sudah saya ambil…
Terimakasih Dok…
Wish You All The Best! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar