Jumat, 18 November 2011

Kemandirian Diri

Rasa kemandirian yang muncul pada diri seseorang terlebih karena faktor dorongan dari dalam maupun dari faktor lingkungan. Seseorang menganggapnya kemandirian, merupakan keputusan sikap untuk mengurus semua kebutuhan pada dirinya.
Gaya mandiri sudah biasa diterapkan di negeri Amerika atau Rropa, dikala usia menginjak 17 tahun, mereka tidak lagi satu atap dengan orangtuanya. Namun apa yang terjadi pada kaum muda di negeri ini?
Kemandirian merupakan satu tolok ukur perubahan manajerial terhadap pribadi seseorang. Memberikan pembuktian kepada orang sekeliling bahwa problema merupakan tahapan prosesi menuju pembuktian atas kesanggupan diri. Secara sistematis, seseorang akan terbiasa menghadapi masalah dengan apa yang ia ketahui semata.
Batasan-batasan inilah yang terkadang kemandirian tidak berjalan pada semestinya. Dalam artian, jika seseorang telah memutuskan untuk tidak lagi satu atap dengan orangtuanya, ia tetap mengAndalkan bantuan orangtuanya disaat kesulitan berat menghantamnya.
Oleh karena itu, kemandirian layaknya dilakoni dengan sesuatu yang sederhana, dahulukan dengan sesuatu yang ringan dalam penanganannya. Tidak perlu mengambil langkah radikal yang justru dapat melemahkan semangat kemandirian tersebut yang cenderung emosional.
Perlu diketahui, jika seseorang yang ingin bersikap mandiri, baiknya Ia mengerti dengan segala konsekuensinya, dihari kedepan tantangan kehidupan akan semakin berat dihadapi. Inilah satu pembuktian awal dimana seseorang akan merasa dirinya mampu melewati dengan baik.
Sinyalemen kemandirian akan kuat mengentaskan tantangan persoalan yang datang, maka lakukan sendiri apa yang Anda anggap benar dan baik bagi pemikiran dan kehidupan yang tengah Anda jalani.?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar